Sabtu, 16 Mei 2009

Stase Pertama (Obstetri Gynecology) part 1

Alhamdulillah,, lab pertama udah dilalui, walaupun hasil ujiannya baru ketahuan tahun depan (gimana ya nasib ujiannya???),, mudah2an lulus deh....

Banyak pengalaman unik yang dilalui selama menjalani stase 8 minggu di bagian obstetri dan ginekologi RS.dr Soetomo surabaya / FK Unair.


1. Ngak tidur selama 36 Jam
Ini dialami waktu minggu ke 6.. Jadi ceritanya begini. Hari minggu malam (jaganya mulai jam 19.00) gw kebagian jaga di RS.Soewandhi sebagai bagian dari dinas luar bagi Dokter Muda (DM) obsgyn. Padahal Senin pagi nya gw udah pindah ke VK RS. Soetomo dan sebagai DM VK fisiol maka semuanya harus jaga di hari senin malam.. Jadilah gw jaga 2 hari berturut-turut. Sebenarnya temen2 di VK, udah mempersilahkan gw buat Istirahat duluan, karena tau gw malamnya baru jaga, tapi entah kenapa pasiennya siang itu banyak banget,, jadi ngak tega buat ninggalin VK.

Senin Malam diputuskan, dilakukan pembagian jadwal tidur, gw memutuskan buat tidur ke 2 aja,, maksudnya biar abis itu gw bisa tidur pulas ampe pagi, tanpa harus dibangunin di tengah2 tidur.. Pergantian jadwal diputuskan jam 02.30 pagi. gw berusaha bertahan melawan ngantuk (kurang lebih udah 24 jam lebih gw ngak tidur), saat jam menunjukkan jam 01.30 perasaan gw semakin senang karena jadwal tidur semakin dekat,, Tapi...

Tiba2 ada Operasi Sectio Caesaria (SC) di Lt5 IRD,, dan harus ada DM yang naek keatas buat jadi asisten operator,, Karena gw satu2nya DM yg belum ikut SC hari itu, maka gw lah yang naek ke atas... Wuahh jadwal tidur di depan mata menghilang begitu aja..

Yang gw takutkan gw ketiduran pas lagi operasi!!!.. Untungnya 5 buah Hexos di mulut sebelum/selama operasi berhasil menjadi obat anti tidur yang mujarab.. Operasinya berjalan lancar, walau memakan waktu yang lama dari biasanya, karena ternyata operasinya ada penyulit Rupture Uteri (robekan rahim).. Jadilah selesai operasi baru jam 5 pagi..

Selasa paginya gw masih menyempatkan ikut 2 kuliah sampe siang,, yaahh kalo di total gw belum tidur sejak Minggu Malam sampai Selasa Siang...

BENAR2 Hari Yang melelahkan !!!



bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar